2 Buku yang Akan Mengubah Cara Pandang Anda Terhadap Masa Depan

Jujur saja, ini 2 buku pertama yang benar-benar mengubah cara pandang saya terhadap kehidupan. Saya baru membacanya ketika sudah SMA kelas X kemarin, atas referensi dari sahabat ya Mas Syamsul Alam. Dan lucunya, saya membacanya dari buku kedua dulu baru buku pertama (red: buku ini berseri). Tapi untungnya, Robert T. Kiyosaki menyusun buku ini untuk enak dan mudah dinikmati dari seri manapun dulu. Jadi dibuku keduanya, Kiyosaki juga menjelaskan konsep-konsep dasar yang harus dipahami untuk dapat mengerti isi bukunya.

Sudah tahu apa bukunya? Anda benar! Rich Dad Poor Dad dan The Cashflow Quadrant.


Rich Dad Poor Dad

Kita mulai dari buku pertama dulu ya. Di buku ini, Kiyosaki mengisahkan bagaimana masa kecilnya belajar bisnis bersama sahabatnya Mike. Mereka menjadikan ayah Mike yang pengusaha menjadi mentor mereka. Beliaulah yang akhirnya menjadi ayah kaya Robert Kiyosaki. Sedangkan ayah kandungnya yang seorang pegawai negeri disebut Kiyosaki sebagai ayah miskinnya. Lalu apa perbedaan antara kedua ayah tersebut? Perbedaan mendasar keduanya adalah cara pandang mereka tentang uang.

Perbedaan kecil itulah yang akhirnya berdampak besar terhadap apa yang bisa dilakukan oleh kedua ayah tersebut.

The Cashflow Quadrant

Di buku kedua, Robert Kiyosaki lebih menekankan isi bukunya untuk mengajari kita bagaimana untuk pindah dari kuadran kiri (melambangkan para pekerja) ke kuadran kanan (melambangkan pengusaha dan investor). Lengkap sekali dan aplikatif. Kiyosaki juga mengisahkan bagaimana cara istri beliau, Kim Kiyosaki, bersama beliau mencapai kebebasan finansial seperti sekarang, sebagai inspirasi sekaligus motivasi.

Well, buku ini memang mengajari kita untuk menjadi kaya, tapi Anda tahu kan bahwa kaya itu bukan hanya tentang uang? Jika belum jelas, silakan Anda baca dulu kedua bukunyanya, dan Anda akan tahu maksud saya.

Oh ya, yang ingin membeli versi aslinya, ada di Amazon kok.

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China