Sukses Dengan Soft Skills

Beberapa hari yang lalu, saat mencari informasi beasiswa-beasiswa yang dikeluarkan oleh ITB, secara tidak sengaja saya menemukan sebuah link yang mengarahkan pada suatu halaman yang isinya ebook tentang soft skill yang judulnya sama dengan judul post ini.

Bagi yang belum tahu soft skill itu apa, soft skills adalah seperangkat kemampuan tak terlihat yang menunjang kesuksesan seseorang. Misalnya kejujuran, kemampuan berkomunikasi, bekerja dalam kelompok dsb.

Pembahasan buku tersebut diawali dengan pertanyaan, apa yang membuat seseorang sukses setelah kuliah? IP (Indeks Prestasi) 4? Tampang keren? Mertua kaya? Ternyata, berdasarkan survey yang diadakan NACE (National Association of Colleges and Employers), IP tinggi hanyalah nomor 17 dari 20 kualitas yang dianggap penting dari seorang lulusan universitas. Lalu yang lain? Kualitas-kualitas apakah gerangan yang ternyata lebih berpengaruh selain IP? Berikut saya cuplikkan daftarnya dari buku Sukses Dengan Soft Skills halaman 5:



Nah, mungkin beberapa orang terkejut. Bahkan kemampuan komputer lebih penting dari nilai IP > 3 yang susah-susah didapatkan selama 4 tahun di bangku kuliah.

Sebelum semuanya terlambat, sebaiknya kita semua mulai menyeimbangkan diri dengan keterampilan-keterampilan yang bukan akademis saja. Nonakademis juga harus diraih. Rajin-rajin berinteraksi dengan orang-orang, misalnya dengan ikut organisasi adalah cara yang cukup bagus untuk mengasah soft skills. Menulis blog juga bagus untuk mengasah kemampuan berkomunikasi. icon smile Sukses Dengan Soft Skills

Bagi yang ingin membaca ebook SDSF, bisa diakses via http://www.ditdik.itb.ac.id/soft_skills/

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta