Posts

Showing posts from July, 2010

MOS Hari #4

Kemarin saya terlalu lelah hingga memutuskan untuk tidur lebih cepat dan menulis report ini hari ini. Kemarin adalah MOS terakhir di SMA Negeri 1 Genteng. MOS yang paling melelahkan, tapi juga yang paling berkesan. Dimulai pukul 05.30 WIB dan selesai pukul 17.00 WIB. Sungguh hari yang panjang.

Oke, seperti biasa, MOS dimulai dengan apel pagi di lapangan bawah. Pemeriksaan tata tertib dilakukan. Wuih, ternyata yang melanggar lebih banyak daripada hari ketiga. Tapi apel kemarin dipercepat karena akan ada pengajian awal tahun yang dipimpin oleh Pak Karim, Guru Agama Islam kami. Sebagian besar siswa (yang tidak melakukan pelanggaran) dipersilakan ke lapangan tengah untuk istigosah, sedangkan sebagian kecil (yang melanggar) ditertibkan dulu. Tapi tak lama kamudian, mereka sudah ada di lapangan tengah juga.

Pengajian berlangsung selama sekitar satu jam, dilanjutkan advertorial dari sponsor kegiatan kami, Telkomsel. Kira-kira 30 menit kemudian, giliran Pak Polisi dari Polres Banyuwangi membi…

MOS Hari #3

Setelah libur karena melaksanakan pemilu Bupati, MOS di SMA Negeri 1 Genteng dilanjutkan lagi. Hari ini hari ketiga.

Acara dimulai pukul 06.45 WIB, tapi cukup mengejutkan juga, ketika saya berangkat dari rumah pukul 05.50 WIB ternyata di jalan sudah ada adik kelas yang berangkat. "Pasti karena takut telat nih," gumam saya dalam hati.

Alhamdulillah, hari ini MOS dimulai dan diakhiri tepat waktu. Yang melakukan pelanggaran juga sedikit sekali. Semua acara berjalan lancar. Pagar betis yang saya ceritakan kemarin jadi lebih baik hari ini. Adik-adikpun jadi lebih santai dan paham apa maksudnya. Tapi tetap, masih bisa ditingkatkan lagi.

Kemudian seperti biasa, apel pagi digelar. Syukurlah hari ini berjalan lebih cepat. Setelah itu peserta MOS masuk ke kelasnya masing-masing didampingi WAKABA. Tak berapa lama kemudian, saya selaku KETUPAT, dan 2 orang teman saya selaku WAKETUPAT dan KETOS masuk ke kelas-kelas dengan beberapa tujuan.

Yang pertama tentu menagih tugas yang kami berika…

Belajar Untuk Persiapan UN dan SNMPTN Dengan Zenius Multimedia

Hari ini saya ingin berbagi satu produk bagus untuk menemani pelajar seperti saya (dan mungkin kamu, yang masih SMA) belajar mempersiapkan diri untuk UN dan SNMPTN. Telah saya tulis pada judul post ini, produk ajaib tersebut bernama Zenius Multimedia. Satu set yang bernama Paket Xpedia IPA yang saya beli terdiri dari 35 buah CD, berisi materi-materi mulai dari Basic Skills dalam belajar, TPA/TBS, Matematika, Bahasa Inggris, dan pelajaran IPA lainnya.

Bagaimana dengan anak IPS? Tenang, ada juga kok paket untuk kamu yang mengambil jurusan IPS. Namanya Paket Xpedia IPS.

Lalu, kenapa saya merekomendasikan Zenius untuk kamu? Karena Zenius ini enak sekali untuk belajar. Penyampaianya dengan bahasa dan gaya yang simple dan mudah dipahami. Dan metodenya menarik. Kita diajak memahami konsep, daripada sekedar menghapal rumus atau cara cepat.

Dan keunggulan lainnya, karena bentuknya CD, guru virtual ini bisa diminta mengulangi pelajaran yang kita inginkan kapanpun kita mau. Gak bakal marah, gak …

MOS Hari #2

Masa Orientasi Siswa hari kedua di SMA Negeri 1 Genteng berakhir agak telat. Bukan karena kesalahan sie acara sih, tapi karena para peserta dan panitia yang begitu menikmati acara hari ini.

Acara dimulai lebih pagi. Entah kenapa adik-adik kelas banyak yang datang jauh lebih pagi hari ini. Mungkin karena takut dimarahin tatib karena telat kali ya. Well, pagi hari tadi peserta MOS masuk melalui gerbang depan SMA, disambut ramah oleh barisan kakak OSIS dan MPK yang membentuk pagar betis sepanjang hampir 10 meter. Reaksi adik kelas rada aneh sih, soalnya emang acara sapa dan senyum ini baru ada di MOS hari kedua ini. Bisa dibilang ini hasil evaluasi MOS hari pertama gitu lah.

Setelah disambut ramah oleh kakak panitia selain tatib, adik kelas berurusan dengan penegak disiplin tersebut. Kejutan pagi pun diterima. Tapi aku yakin sih mereka dah lebih bisa menerima, karena hari pertama juga udah ngerasain.

Setelah itu apel pagi. Apel kali ini berjalan cepat, saya senang, karena yang melakukan …

MOS Hari #1

Hari ini syukurlah Masa Orientasi Siswa (MOS) hari pertama berjalan dengan lancar. Tidak persis rencana sih, tapi tetap efektif alias tujuan tercapai.

Hari ini dimulai dengan apel pagi, untuk mengoreksi dan menertibkan adik-adik siswa baru SMA Negeri 1 Genteng. Kurang lebih satu jam kemudian, upacara bendera sekaligus pembukaan MOS dan penyambutan siswa baru oleh kepala sekolah digelar. Ditandai dengan penyematan tanda MOS dan pelepasan balon. Ada juga pengenalan guru secara singkat oleh Pak Kepsek sih.

Setelah itu kembali ke kelas. Di kelas seperti biasa, ada kebijakan wakaba, dimana kakak-kakak wakaba dari OSIS menjalin keakraban dengan adik kelasnya. Ada pengenalan ini itu, macam-macam.

Setelah itu tatib dan HAM juga masuk kelas, melaksanakan tugasnya masing-masing.

Dan yang tidak kalah penting hari ini adalah materi yang disampaikan guru-guru. Ada 2 kali materi, setelah itu kebijakan wakaba lagi dan TATIB.

Acara yang dimulai pukul 06.00 WIB ini selesai pukul 14.00 WIB, dilanjutkan…

Praacara Masa Orientasi Siswa (PRAMOS)

Hari ini di sekolah saya dilaksanakan praacara Masa Orientasi Siswa atau yang biasa disebut dengan PRAMOS. Kebetulan diacara yang hampir terakhir dari daftar seluruh kegiatan yang harus dilaksanakan OSIS angkatan 2009-2010, saya beruntung menjadi ketua panitia kegiatan. Jadi lumayan banyak deh ilmu yang saya dapatkan, daripada di kegiatan-kegiatan sebelumnya saat saya jadi anggota sie atau koordinator sie.

Well, mungkin ada diantara pembaca yang dulunya juga sekolah di SMA Negeri 1 Genteng (kakak seperguruan saya), catatan kali ini bisa jadi obat kangen terhadap SMA tercinta. Kakak-kakak juga bisa tahu sejauh mana SMA kita telah berkembang.

Acara hari ini dimulai pukul 06.30 lebih sedikit (kebetulan saya tidak sempat melihat waktu tepatnya saat acara dimulai), telat beberapa menit dari jadwal jam 06.30 WIB. Dibuka dengan doa, kemudian sambutan dari ketua OSIS, lalu sambutan dari Waka Kesiswaan.

Setelah sambutan, dilanjutkan perkenalan seluruh pengurus OSIS dan pengurus inti organisasi…

Jangan Serakah!

Yang saya maksud adalah kita sebaiknya tidak mengejar beberapa hal besar dalam satu waktu, atau kita tidak akan mendapatkan satupun dari hal-hal itu. Ini pengalaman pribadi, ketika saya dengan ambisius bodohnya mengejar dan menginginkan terwujudnya 3 impian besar sekaligus. Entah kenapa saya bisa berpikir begitu gilanya sebelum merasakan kegagalan ini. Ya, bisa Anda tebak, saya tak berhasil meraih satupun dari 3 target tersebut.

Pelajaran dari pengalaman ini mungkin, sebaik apapun kita, bagaimanapun kita percaya bahwa kita punya potensi besar, kita tetap punya keterbatasan, energi dan waktu. Jadi kita harus pintar-pintar menentukan prioritas, impian mana yang ingin diwujudkan dulu. Sinar yang memancar ke segala arah tidak bisa membakar bungkus snack, tapi jika kita fokuskan (dengan lup) pada satu titik, apa yang terjadi? Hal yang sama akan terjadi jika kita bisa menfokuskan cukup energi dan waktu dalam usaha kita meraih suatu impian.

Tapi juga harus ingat lho ya, impian beda dengan tu…