Murid Super dan Murid Lamban – Otak Sama, Strategi Beda

Judul Buku: Buku Pintar Anak Jenius
Penulis: Adam Khoo
Penerbit: Mitra Media
Cetakan: 18
Tahun Terbit: 2008
Jumlah Halaman: XIV + 250 Halaman

Saya teringat masa SD ketika untuk menjadi siswa peringkat pertama di kelas bukanlah hal yang sulit. Bahkan tanpa menginginkannya pun saya bisa mendapatkannya. Namun ketika di SMP, situasi mulai berubah. Ketika itu, walau saya menginginkannya, maksimal saya hanya mendapatkan peringkat 7. Hingga di SMA nilai saya semakin merosot ke peringkat 23. Saya tak begitu heran, karena memang saat itu saya tidak berminat mempelajari pelajaran sekolah dan sedang berfokus mendalami hobi saya. Namun ternyata orang tua mengharapkan agar saya memperbaiki peringkat dan lebih suka jika saya berfokus ke sekolah dulu.

Saya pun mencoba. Tapi ternyata sulit. Saya belum bisa meluangkan banyak waktu untuk membaca buku-buku sekolah. Fokus dan perhatian saya terpecah antara sekolah dan passion. Dan hasilnya tidak jauh berubah. Hingga akhir kelas XI saya malah ada di peringkat 32. Saya sempat stress dan heran sekali kenapa saya yang dulunya pintar sekarang bisa seperti ini. Apakah yang membuat teman SD dan SMP yang dulunya tidak lebih pintar dari saya, sekarang menjadi lebih pintar? Pertanyaan ini akhirnya terjawab ketika saya menemukan buku yang berjudul Buku Pintar Anak Jenius.

Jadi sebenarnya tidak ada otak pintar dan otak bodoh. Kita semua berbakat jenius. Hanya yang membedakan murid super dengan murid lamban adalah kemauan untuk belajar dan strategi belajarnya. Dalam buku tersebut diceritakan, Adam Khoo -sang penulis- dulunya ketika SMP adalah murid paling lamban di sekolah paling terbelakang di Singapura. Bahkan orang tuanya menganggap Adam sudah tidak punya harapan. Hingga akhirnya, orang tua Adam yang hampir putus asa mendengar ada sebuah pelatihan pengembangan pribadi yang membimbing murid-murid lamban untuk mengenali dan menggunakan potensinya. Adalah Ernest Wong, motivator top Asia yang berhasil membantu Adam bangkit dari keterpurukannya.

Sejak saat itu, Adam bagaikan terlahir kembali. Dia menetapkan target untuk masa depannya, dan mencapainya. Dia berhasil masuk ke SMA top di Singapura, kuliah di National University of Singapore (universitas nomor 1 di Singapura) dan menjadi 1% mahasiswa terpintar. Dan kini dia memiliki 4 bisnis dengan omzet $20 miliar. Strategi-strategi Adam untuk mengubah dirinya dari murid lamban hingga menjadi murid super itulah yang dibagikan dalam Buku Pintar Anak Jenius.

Selengkapnya, dalam buku tersebut Anda akan mempelajari bagaimana cara membangun fondasi yang kuat untuk berubah dari murid bodoh menjadi murid pintar, yaitu dengan menyadari bahwa potensi yang dimiliki otak setiap orang adalah sama. Jika Anda yakin bisa terbang, maka Anda akan bisa!

Berikutnya Anda juga akan belajar bagaimana cara belajar yang benar. Yang pertama yaitu ‘daya baca informasi’, mengajari Anda bagaimana menyerap informasi dengan baik menggunakan kemampuan membaca efisien. Yang kedua, karena 80% informasi yang ada di buku ajar tidak penting untuk dicatat, Anda juga akan diajari Mind Mapping®: alat untuk membuat catatan penting. Metode membuat catatan dengan mengaktifkan otak kiri dan otak kanan bersamaan, sehingga proses memahami lebih optimal. Yang ketiga, Anda juga akan belajar teknik ingatan super, yang akan membantu Anda mengingat dengan sangat baik kata-kata dan angka-angka, dengan cara memvisualisasikannya.

Tidak hanya belajar cara belajar yang benar, Anda juga akan belajar mengendalikan kekuatan diri Anda: berani bermimpi dan membuat tujuan hidup, membuang jauh-jauh rasa malas, memotivasi diri dan tidak menunda-nunda, mengetahui seberapa banyak waktu yang terbuang dalam hidup Anda, mengetahui bagaimana rumus mendapatkan nilai A, dan mengetahui bagaimana mengendalikan emosi, yang dengannya Anda dapat mengendalikan dan berkuasa atas diri Anda… dalam sekejap!

Di bagian akhir buku, Anda akan diajarkan strategi mempersiapkan ujian, seperti bagaimana menangani soal pilihan ganda dan bagaimana menangani soal esay dengan tepat. Lengkap sekali. Cara-cara yang telah terbukti berhasil mengubah anak paling bodoh di sekolah paling jelek menjadi mahasiswa paling pintar di universitas nomor satu, saya yakin juga akan berhasil pada Anda.

Jadi, untuk setiap pelajar SMP atau SMA yang benar-benar ingin mendapatkan nilai 90 ke atas dalam setiap ujian dan lolos seleksi ke SMA atau perguruan tinggi favorit. Juga untuk para mahasiswa yang ingin mendapatkan IPK diatas 3.5, serta para orang tua yang ingin tahu cara belajar efektif dan efisien untuk anaknya, buku ini wajib Anda baca.

Comments

  1. saya sedang mencari buku ini mas...
    kalau berkenan bisakah saya dapatkan kopiannya?
    irfan salam

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China