Dari Novel Bumi Cinta

Karya terbaru Habiburrahman El Shirazy tersebut cukup membuka pandangan pembacanya. Jika Anda masih awam seperti saya, yang pertama dan utama, Anda akan mendapat banyak peningkatan pengetahuan tentang keagamaan dan Insya Allah juga peningkatan keimanan. Saat mulai membaca novel Bumi Cinta tersebut, saya sedang malas sekali beribadah dan galau tentang agama. Saya sedang memikirkan tentang atheisme. Beruntung, seolah sudah ada yang mengatur, rasa ingin tahu dan pertanyaan-pertanyaan saya tentang agama (Islam) dan atheisme sebagian besar terjawab dalam novel Bumi Cinta setebal 546 halaman ini.

Yang lainnya, Anda akan belajar cukup banyak hal tentang Rusia dan sejarahnya. Ya, karena latar belakang ceritanya adalah Rusia modern dan tokoh utamanya, Muhammad Ayyas adalah ahli sejarah, maka mau tidak mau kita akan mendapat banyak pengetahuan tentang Rusia dan sejarahnya melalui deskripsi-deskripsi pengarang dan percakapan antar tokoh dalam novel.

Secara acak, saya juga mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara bergaul, cara belajar, serta cara berkomunikasi yang baik dalam novel ini. Saya juga jadi lebih tahu tentang Palestina dan Israel (atau lebih tepatnya Yahudi). Tentang cinta. Tentang gambaran wanita idaman. Tentang bagaimana karakter dari seorang pria yang didambakan wanita, dan banyak lainnya. Untuk para pemuda SMA atau mahasiswa, dan juga Anda yang sudah lebih dewasa, sebaiknya Anda menyediakan waktu untuk membaca novel Bumi Cinta.

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China