Mengenal Worm Komputer

Worm komputer, atau yang dalam Bahasa Indonesia biasa juga disebut sebagai cacing komputer, secara klasik didefinisikan sebagai sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebarkan copy dari dirinya tersebut melalui jaringan komputer, bahkan tanpa campur tangan pengguna sama sekali. Tidak seperti virus komputer yang perlu menyisipkan dirinya pada program yang sudah ada pada komputer yang dia infeksi dan membutuhkan campur tangan pengguna untuk dapat mengaktifkan dirinya.

Worm komputer bisa cukup berbahaya. Akibat yang bisa ditimbulkannya antara lain mulai dari memakan bandwidth jaringan, menghapus file pada komputer yang terinfeksi, mengirim file via e-mail, sampai memasang program backdoor, yang menjadikan komputer yang terinfeksi worm seperti zombie, dapat dikendalikan oleh sang pembuat worm melalui jaringan.

Namun ada juga worm yang ‘baik’. Worm yang bernama Nachi misalnya, dibuat dengan fungsi untuk mendownload dan menginstall patch dari situs Microsoft untuk memperbaiki beberapa kelemahan yang ditemukan dalam jaringan yang terinfeksi. Namun dibalik maksud baiknya, worm ini juga bisa menjengkelkan pengguna. Karena tanpa diketahui, bisa memakan bandwidth dan tiba-tiba merestart komputer setelah menginstall patch.

Mengamankan Komputer dari Worm

Sebelum komputer kita terinfeksi worm dan membuat kita jengkel, sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu. Apa yang perlu dilakukan? Cukup dengan memasang antivirus dan antispyware. Tidak perlu yang berbayar. Yang gratisan saja sebenarnya sudah cukup, asal rajin di update. Untuk antivirus gratisan, saya merekomendasikan Antivir dari Avira (bisa kamu download di sini) dan Smadav (bisa kamu download di smadav.net). Kalau Windowsmu asli, jangan lupa juga untuk rajin-rajin menginstall patch terbaru. icon smile Mengenal Worm Komputer

Sebenarnya jika kamu tidak ingin disusahkan dengan begitu banyak ritual ini (memasang antivirus dan install patch), kamu bisa beralih dari sistem operasi Windows ke Linux. Saya belum pernah mendengar pengguna Linux disusahkan oleh program-program seperti virus ataupun worm. Selain itu, Linux juga gratis. Jadi tidak perlu membajak lagi. Jika kamu tertarik untuk migrasi ke Linux, saya merekomendasikan Linux Ubuntu untuk menjadi pilihanmu (bisa minta dikirimi dari situsnya lho, gratis. Saya dulu juga minta dari mereka. Klik di sini kalau mau. Kalau ingin beli pun juga bisa, di internet ada banyak).

*Tulisan ini ditujukan untuk memenuhi tugas praktik TIK di SMA Negeri 1 Genteng, yang dibimbing oleh Bpk. Candra dan Bpk. Agus tentang "Worm Komputer".

Comments

  1. Nice article. Thanks.
    Pengen follow tapi kok gak dipasang gadget Google Friend Connectnya, Mas Bro?

    ReplyDelete
  2. @Mister-Guru: Biar blognya ringan tidak saya pasang macam-macam Pak. Bapak bisa follow via Email saja. Hehehe :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Bagaimana Cara Menghasilkan 30 Juta per Bulan saat Masih Mahasiswa?