Penyakit Paling Akut (2) - End

Sumber gambar: http://fauzanzasqi.files.wordpress.com
Setelah prokrastinasi dan malas, hidup seseorang akan jadi lebih menderita lagi dengan penyakit kurang bersyukur, menyesali masa lalu, dan mengeluh. Ketika seorang prokastinator dan pemalas yang juga terkena penyakit kurang bersyukur melihat orang-orang yang lebih 'sempurna' di sekitar mereka, mereka akan iri dan protes kepada Tuhan. Bahkan tidak jarang mereka jadi depresi dan menghujat diri sendiri. Mereka hanya berpikir tentang kekurangan-kekurangannya dan tenggelam hingga hampir mati disitu.

Kemudian menyesali masa lalu. Orang-orang yang menyesali masa lalu sebenarnya tega dan kejam sekali dengan diri mereka. Mereka menyiksa diri sendiri dengan kesalahan-kesalahan terdahulu yang mungkin juga sudah dilupakan orang-orang. Orang-orang yang menyesali masa lalu ini biasanya juga seorang perfeksionis. Mereka menginginkan segala sesuatu yang sempurna, tak ada cacat, tak ada salah, tak ada celah. Tapi sebenarnya ini merupakan perfeksionis yang ga pada tempatnya. Karena perfeksionis akan sangat bagus kalo diterapkan di masa sekarang aja. Pada hal-hal yang sedang kita lakukan sekarang. Perkara hasilnya gimana, ya sudah. Itu udah gak bisa diapa-apakan lagi. Move on!

Dan penyakit yang terakhir adalah mengeluh. Seorang pengeluh akan marah kalo ada kejadian yang diluar perkiraan atau keinginan mereka. Misalnya, jika hari ini mereka berencana untuk kuliah - pulang - main game - tidur, tapi tiba-tiba ada sesuatu muncul mendadak yang harus dikerjakan antara kuliah dan pulang, mereka akan marah dan menggerutu macam-macam. Mereka ga siap menerima hal-hal mendadak dari lingkungan sekitar. Padahal hal-hal mendadak itu udah seperti sebuah keniscayaan. Ga bisa dihindari. Harus diterima dengan lapang hati dan diselesaikan dengan baik. Tapi karena seorang pengeluh hanya mengeluh dan melakukan segalanya dengan terpaksa, akhirnya yang mereka dapatkan juga setengah-setengah. Padahal banyak waktu penting yang sudah mereka habiskan.

Di tahun 2012 ini, semoga semakin sedikit diantara kita yang terkena penyakit ini ya kawan!

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta