Belanja Online

Meski internet udah jadi semakin biasa, masih banyak gue temui orang-orang yang enggan belanja online. Beberapa diantara mereka beralasan karena ada berita-berita jelek di luar sana yang mengatakan bahwa kebanyakan penjualan di internet adalah penipuan. Mungkin bener juga sih apa yang diberitakan itu, tapi sejauh ini, beberapa kali gue beli-beli online, Alhamdulillah gue belum pernah ketipu.

Keuntungan Belanja Online

Kadang ada barang-barang yang sulit kita cari di toko-toko fisik, dapat kita temukan dengan mudah dengan Google. Misalnya kaos motivasi yang gue beli waktu SMA dulu. Kaos seperti itu unik, belum pernah gue temuin di toko-toko deket rumah gue, oke jadi gue beli online.

Seringkali juga di toko online harganya bisa lebih murah. Misalnya saat beli notebook yang gue pakai ngetik sekarang ini. Dulu harganya selisih beberapa ratus ribu gitu lho dengan di toko komputer fisik yang udah gue lihat-lihat.

Selain itu, belanja online bisa ngebantu kita dapetin produk-produk yang gak tercapai secara fisik. Misalnya CD multimedia Zenius yang gue beli saat SMA kemaren. Kalo harus beli langsung ke kantornya, gue harus ke Jakarta. Hey, masa iya dari Banyuwangi ke Jakarta cuma buat beli CD?


Menghindari Penipuan

Gue cuma beli barang-barang dari situs terpercaya. Misalnya di bhinneka.com, bisniskaos.com, dan zeniusmultimedia.com. Gimana bisa tau kalo mereka terpercaya? Dari websitenya aja kelihatan sob, bagaimana mereka ngelola webnya baik-baik, tertata rapi, info pemiliknya jelas, ada kontak yang bisa dihubungi, tertulis alamat toko asli atau kantornya, ada foto kantor/toko fisiknya, adanya testimoni dari orang-orang yang udah beli sebelumnya, dan juga biasanya gue nyari berita-berita tentang situs itu di Google. Kalo mereka terpercaya, biasanya ada berita-berita baik di Google tentang mereka. Tapi kalo mereka penipu, biasanya juga ada warning dari orang-orang yang udah ketipu sama mereka sebelumnya. Jadi, ketipu ato nggak sebenernya tergantung kitanya.

Oh ya, temen gue pernah ketipu di toko online. Padahal webnya bagus, ada info pemiliknya, dll. yang ngebuat dia percaya toko itu gak bakalan nipu. So, kenapa dia masih ketipu? Temen gue itu tergoda dengan harga yang miring gila sob. Masa iya hape yang seharusnya 3 jutaan di situs itu dijual cuman separoh harga? Gak masuk akal banget kan? Tapi masih aja kita sering tergoda dengan yang beginian. Jadi, ati-ati sob. Selisih harga sih wajar, tapi gak sebanyak itu lah.

---

Gue rasa itu aja sih yang perlu diperhatiin. So, mangga buat yang mau nyoba belanja online, selamat belanja!

Comments

  1. artikel yang menarik.. saya setuju dengan hanya membeli dari situs-situs terpercaya. cuma kendalanya, bagaimana kita mengetahui situs online shop itu terpercaya atau tidak? salam kenal, mampi juga ke blog saya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Magang Pertama (di PLUS)