If You Want Something, Earn It!

Tulisan personal ini hadiah untuk generasi teman online pertama saya, Hangga Nuarta.

Saya mau cerita sedikit mengenai saya. Saya Syamsul Alam. Dan jika anda tahu saya, besar kemungkinan anda mengingat saya karena gaya tulisan saya.

Tapi dibalik tulisan saya yang terdengar keren, saya adalah pelajar biasa. Sama seperti anda.

Tidak karena alasan apapun saya lebih hebat daripada anda -- hei, kita semua dianugrahi otak yang sama! Tapi jika karena suatu alasan anda suka dengan saya, blog saya, tulisan saya maka pastilah saya punya sesuatu yang anda mungkin belum punya.

Di post ini saya akan bagikan apa yang membuat saya bergerak, yang membuat saya mau bertindak untuk mengejar apa yang saya impikan.

Saya belum sukses dan belum jadi milyuner, tapi besar kemungkinan saya (sedikit) lebih populer daripada anda dan saya ingin bilang bahwa tak perlu khawatir, karena segera setelah anda menyelesaikan post ini, anda akan punya hampir semuanya untuk menjadi sebaik saya -- atau bahkan lebih baik lagi dan melampaui saya.

Saya percaya laki-laki itu harus punya prinsip, dan ini adalah prinsip yang saya pegang dalam hidup untuk bisa jadi seperti sekarang ini.

Hidup ini Singkat, Jadilah Manusia yang Berguna

 

Kita bisa lakukan apapun yang kita mau sekarang, tapi harus diingat bahwa suatu saat saya dan anda toh nanti bakal mati juga.

Yang jadi pertanyaan, anda mau mati sebagai apa? Mau mati seperti apa?

Apakah anda ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja, yang ketika nanti mati kuburannya hanya didatangi keluarga dan kerabat terdekat saja? Yang kemudian dilupakan setelah dikubur beberapa hari? Yang ketika anda meninggal teman-teman anda berkata, "Owh... si Alam meninggal ya... Bagus deh." atau sekedar ucapan "Innalillahi, semoga diterima di sisi-Nya"?

Ugh...

Atau sebagai orang yang terkenal, berguna, kaya raya. Yang ketika anda wafat orang-orang menangisi anda, keluarga dan teman-teman anda menangisi anda seakan ga rela, yang bahkan setelah beberapa tahun kematian anda, ratusan bahkan ribuan orang akan masih mengingat anda?

Banyak orang bilang hidup itu pilihan, tapi hei! Cara kita mati, bagaimana kita diperlakukan setelah kita mati, itu juga pilihan!

Dan saya memutuskan untuk memilih pilihan yang kedua. Saya tahu anda juga.

Dunia Tidak Hutang Apa-Apa Pada Anda

 

Saya lupa saya dapat quote ini dari siapa, tapi kira-kira begini, "World and people around you doesn't owe you anything. If you WANT something, EARN it."

Dan saya 120% setuju dengan quote itu.

Kita semua pernah ada di suatu masa dimana kita merasa sangat sedih, dimana kita diperlakukan tidak adil, dimana kita tidak mendapatkan hal yang 'seharusnya' kita dapatkan. Dimana hal tidak berjalan sesuai yang kita mau.

Tapi dunia memang seperti itu, bung!

Kuncinya, berhentilah mengasihani diri anda sendiri.

Stop bertingkah laku mellow, stop bicara, "kenapa seperti ini?", "kok aku tidak bisa melakukan hal ini?", "kok aku tidak bisa sebagus dia dalam hal ini?"

Berhentilah jadi orang yang menyedihkan. Berhenti jadi orang yang minta dikasihani.

Tegakkan badan anda. Dongakkan dagu anda 15 derajat lebih atas. Pandang lurus ke depan. Ada jalan terbentang lurus tak berbatas di depan anda. Ada langit tak bertepi di atas anda.

Tidak ada batasan atas kemampuan diri anda.

Yang perlu anda lakukan adalah berhenti mengasihani diri anda sendiri. Dan mulailah bertanggungjawab atas diri anda sendiri.

Jika hidup anda payah, lakukan sesuatu terhadapnya. Ganti suasana anda. Ganti musik yang anda dengarkan. Ganti lingkungan anda. Ganti teman anda. Ganti yang anda makan.

Saya pernah berada di kondisi terparah dari hidup saya. Di mana saya rasanya malas ngapa-ngapain, rasanya ingin kabur saja dari hidup ini, rasanya ingin kembali ke masa lalu -- menikmati hidup layaknya anak kecil lagi, rasanya ingin tidak dilahirkan agar tidak perlu menjalani semua kesusahan dan kepayahan hidup ini.

Tapi pukul wajah anda seperti saya pukul wajah saya dulu, "Realistis! Doraemon tidak ada. Jika saya ingin sesuatu, saya akan mengusahakannya!"

Jika saya ingin diperlakukan baik oleh orang lain, saya tidak akan meminta dan memohon kepada mereka untuk berbuat baik pada saya, tapi saya akan berbuat baik kepada mereka sehingga mereka tidak bisa menahan keinginan untuk membalas perbuatan baik saya kepada mereka.

Jika saya ingin kaya, dikenal orang, saya akan membuat produk yang sangat bagus, yang membuat orang tidak tahan untuk membeli produk saya, yang setelah mereka menikmati beberapa produk saya mereka akan tidak tahan untuk mencari tahu tentang saya!

Dan itu yang seharusnya anda lakukan (dan yang sedang saya lakukan).

Hei! Post ini sudah hampir tembus 700 kata! Saya tidak ingin membuat anda overdosis dengan tulisan bagus saya, jadi mari kita sudahi di sini, dan akan saya lanjutkan lain kali ketika saya punya lebih banyak waktu untuk menulis.

Saya yakin, anda pasti dapat sesuatu dari post ini, manfaat dari post ini, seperti saya sendiri yang entah kenapa, sekarang terpompa dengan motivasi aneh yang saya tak tahu darimana datangnya ketika menulis post ini....

Jadi, sekian dulu dari saya. Salam pintar!

P.S: Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang saya, anda bisa kunjungi situs baru saya, Syamsul Alam dot Net yang (dalam waktu dekat) merupakan tempat Belajar Bisnis Online gratis terbaik di Indonesia.

Comments

  1. Yay! Di post sama Hangga. Kamu kok ga bilang seh, hahaha..

    Ntar kalau ada yang komen, ingetin saya yah. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China