One Man Show

Mungkin engkau pernah mendengar puncak yang diberkahi.
Ia adalah gunung tertinggi di dunia.
Dan apabila engkau sudah mencapai puncaknya, engkau hanya akan memiliki satu hasrat, untuk turun dan tinggal bersama dengan mereka yang menghuni lembah terdalam.
Itulah mengapa ia disebut gunung yang diberkahi.
(Kahlil Gibran)

Seseorang boleh punya banyak keinginan dan berusaha mewujudkan semuanya, meski itu hanya untuk kesenangannya pribadi. Yang saya pelajari, bahwa ketika seseorang mencapai puncak tertentu dalam pencapaiannya, orang tersebut akan secara pribadi (tanpa diminta) akan memikirkan yang selain dirinya. Dia merasa cukup dengan dirinya, ingin membagikan yang dia punya ke orang lain.

Namun, saya juga belajar, bahwa untuk mencapai puncak-puncak tertentu, seseorang tidak bisa sendiri. One man show suatu saat pasti terbentur batas. Untuk naik lebih tinggi lagi, seseorang butuh teman, rekan kerja.

Untuk seseorang yang terbiasa bekerja sendiri, mungkin awalnya sulit membentuk tim. Namun, seperti dia belajar menjadi ahli seorang diri, seiring waktu orang tersebut juga akan ahli bekerja bersama. Mungkin yang harus dilakukan adalah sembari tetap fokus mengembangkan skill pribadi, juga membuka mata, hati, telinga untuk bantuan-bantuan yang mungkin datang. Bahkan mungkin tak cukup hanya menunggu bantuan, tetapi harus aktif mencari tenaga-tenaga tambahan tersebut.



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China