Strong People Stay Calm

Setiap mahasiswa punya banyak tugas dan deadline, gak peduli universitas dan jurusannya apa. Semua mungkin tertekan, merasa stres. Tapi gak semua mau dikalahkan rasa stresnya. Ada yang tetap tampil ceria, segar, dan tenang alih-alih tampil tergesa, tegang, dan terlihat tidak menikmati hidup. Dari pengamatan sekilas, orang-orang yang tenang dan tetap bahagia meskipun mereka sama sibuknya dengan yang lain ini adalah meraka yang kuat, yang pintar, yang pencapaiannya banyak. Mereka jarang mengeluh. Mereka gak terburu ingin semua tugasnya selesai secepat kilat, hingga memaksa multitasking, yang justru hasilnya gak maksimal. Bahkan mungkin menambah stres karena jadinya tugas-tugas ga ada yang selesai.

Mereka dengan tenang mengerjakan tugas satu per satu. Memikirkan hanya satu hal dalam satu waktu. Fokus. No rush. Pikiran bekerja dengan baik. Tugas selesai. Beban berkurang. Bersenang-senang sebentar. Lalu tugas berikutnya. Kerjakan dengan tenang lagi. Begitu seterusnya. Sampai pikiran benar-benar ringan karena tugas udah habis!

Tugas banyak itu biasa aja. Semua juga begitu. Ga ada yang istimewa sampai perlu sering-sering disebutkan sedang banyak tugas (baca: mengeluh), apalagi di medsos. Kerjakan saja, nanti juga selesai. Ga perlu terburu, apalagi sampai stres. Nikmati aja, ambil intisari dari yang dilakukan itu supaya gak percuma. Bukan nilai aja kan yang dikejar orang-orang hebat itu? Tapi aktualisasi diri. Menyenangkan diri sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta