Bagaimana Cara Menghasilkan 30 Juta per Bulan saat Masih Mahasiswa?

Saya amati, semakin banyak mahasiswa jaman sekarang yang berjiwa entrepreneur, alias sudah berusaha mencari uang sendiri saat masih kuliah. Ada berbagai cara yang ditempuh, seperti mengajar les privat, menjual jasa desain, jualan tiket pesawat, jualan baju bola, jadi translator, jadi penulis freelance, jadi blogger (yang dapat duit dari pasang AdSense), jadi asisten dosen, nulis buku, ikut lomba business plan, ikut PKM-K, dll.

Di tulisan ini, saya ingin berbagi bagaimana cara menghasilkan 30 juta per bulan saat masih mahasiswa. Ada tiga alternatif pekerjaan yang sudah saya coba dan menghasilkan persentase keuntungan yang lumayan. Keuntungannya belum 30 juta sih, tapi kalau bisnisnya diduplikasi, secara teknis cara-cara ini bisa menghasilkan 30 juta sebulan. Apa saja?

Pertama, jualan jersey bola online. Modalnya website toko online (buat sendiri), BB (yang CDMA) untuk BBM/WA dan HP biasa untuk SMS. Kalau diuangkan nilainya sekitar 2 juta rupiah, dianggap fixed cost. Ditambah biaya variabel per bulan untuk pulsa BB + SMS 100 ribu rupiah. Dengan keuntungan per jersey 30.000, maka hanya dengan menjual 66 jersey di bulan pertama, biaya tetap yang dikeluarkan untuk setahun sudah BEP. Tinggal memikirkan biaya bulanan dan untungnya untuk 11 bulan selanjutnya. Kalau bisa jual 50 per bulan, berarti profit 1.400.000. Untuk 30 juta per bulan ya berarti harus menjual 1000 jersey per bulan. Caranya? Pikirkan sendiri. :D

Kedua, buat blog dan pasang Google AdSense. Satu blog dengan pengunjung 700 orang per hari dapat menghasilkan $10-15 per bulan. Jika ingin $3000 sebulan, maka butuh 200 blog dengan pengunjung rata-rata 700 orang per hari. Bagaimana cara membuat blog sebanyak itu? Pikirkan sendiri. Hint: cari tim untuk menulis dan belajarlah SEO.

Ketiga, dengan bermain saham. Saya pernah sehari saja untung 30%. Maka kalau modal saya 1 juta, saya untung 300 ribu dalam satu hari saja. Kalau modalnya 100 juta, maka target 30 juta dalam sebulan lunas dalam sehari saja. Hehe... Bagaimana kalau tidak punya modal sebanyak itu? Pikirkan sendiri. Kalau Anda ingin, Anda pasti mencari jalan. Btw, banyak yang harus dipelajari sebelum Anda bermain saham. Di saham, potensi keuntungannya besar, tetapi risiko kerugian juga besar.

Ada yang ingin Anda coba? Atau Anda punya ide lain? Bagikan di kolom komentar. :D

*Disclaimer: saya juga belum menghasilkan 30 juta sebulan. Sekali lagi, cara di atas secara teknis bakal bekerja. Tapi saya belum melakukannya seperti itu. Tulisan ini hanya membagikan informasi.

Comments

  1. emang ada yg mau beli baju. kan banyak toko online nya

    ReplyDelete
  2. untuk bermain di saham sendiri itu gimana kak? saya masih belum paham betul, dan membaca grafik serta menghitungnya ... rata2 yang saya cari di internet hanya sebuah pengalaman dan dugaan bermain di bidang investasi saham .. :( lagi minat banget kak, soalnya denger2 bermain saham bisa mulai dari 100rb untuk mahasiswa.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Magang Pertama (di PLUS)