Banyak Bengongnya

Saya baru sadar ternyata dalam sehari saya bisa menghabiskan banyak sekali waktu untuk bengong; ketika jalan berangkat ke atau pulang dari kampus, ketika di kelas, ketika duduk di depan komputer, ketika banyak tugas, dll.

Ketika banyak tugas misalnya, tidak jarang saya malah banyak kepikiran doang, alih-alih mulai mengerjakan tugasnya. Alhasil, pikiran capek duluan sebelum tugas diapa-apain. Dan karena udah capek mikir, sehari itu menganggap udah menjalani hari yang padat, banyak kerja. Padahal bengong doang, minim hasil.

Untuk mengurangi bengong tersebut, saya mencoba menuliskan isi pikiran setiap kali kepala mulai terasa berat; tugas, ide bisnis, to do lists, dll. Selain itu, saya mencoba lebih santai, dengan hanya memikirkan tugas yang sedang saya kerjakan saja, satu tugas satu waktu, tidak multitask.

Lalu, saya menambah waktu di luar kosan. Ternyata, sekedar nongkrong dengan teman-teman itu bisa membuat happy, terinspirasi, mengurangi stress, dan manfaat-manfaat lain; tidak melulu hanya membuang waktu.

Dan meskipun Anda orang introvert, yang kemungkinan besar sangat menghargai dan membutuhkan waktu-waktu untuk sendiri, ada banyak baiknya juga menambah interaksi dengan orang-orang. Yang perlu diingat, ingat waktu saja. Santai boleh, tapi tidak boleh menghabiskan waktu sia-sia.

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China