Ruginya Gak Bisa Bahasa Inggris

Semakin kesini, Bahasa Inggris jadi semakin penting dalam kehidupan sehari-hari, dan saya sendiri merasakan berbagai keterbatasan/kerugian dari kurang lancarnya kemampuan Bahasa Inggris saya. Diantaranya:

Film

Kurang bisa santai nonton film, karena harus fokus membaca subtitle untuk benar-benar paham detail isi filmnya.

Lomba

Tidak PD untuk mengikuti lomba nasional maupun internasional yang menggunakan Bahasa Inggris.

Ngajar Les Privat

Kerugian finansial karena tidak bisa mengajar kelas billingual, walaupun sebenarnya menguasai materinya. FYI, kelas billingual bisa dibayar 2-3x lebih mahal dari kelas berbahasa Indonesia. Let say, sekali ngajar bisa dapat Rp 450.000,-. Jadi untuk mahasiswa yang ingin mandiri, cari duit sendiri, bakalan sangat membantu tuh. 

Job Freelance

Sekali lagi, terkait mahasiswa yang ingin mandiri cari uang jajan sendiri, kemampuan Bahasa Inggris bakalan sangat membantu, karena pekerjaan freelance banyak sekali. Misalnya jadi penulis konten Bahasa Inggris, penerjemah Inggris-Indonesia atau sebaliknya, dan itu honornya lumayan. Misalnya, di Fiverr bakal dibayar $5 untuk 500 kata.

Magang/Kerja

Magang adalah kesempatan yang cukup baik untuk mengasah kemampuan bekerja dan mengenal dunia pekerjaan yang ingin kita geluti nantinya. Termasuk ketika kita ingin jadi pengusaha, pengetahuan tentang industri akan sangat bermanfaat bagi kita. Dan untuk magang di perusahaan-perusahaan besar, Bahasa Inggris adalah wajib. Bahkan sudah sejak dari seleksi.

Kuliah

Di kuliah juga ada kelas Bahasa Inggris. Dan kalau tidak lancar berbahasa Inggris, selain menghambat proses pembelajaran, juga menyebabkan hilangnya kesempatan untuk berteman dengan bule-bule di kelas. Padahal mereka pada umumnya orang baik, yang bisa kita jadikan teman seumur hidup. Kita bisa latihan Bahasa Inggris dengan mereka dan siapa tahu nanti waktu kita ke luar negeri, bisa mampir ke rumah mereka untuk numpang menginap.

Ke Luar Negeri Gratis

Juga ada kesempatan pergi ke luar negeri secara gratis, ke Prancis misalnya melalui Total Summer School, yang tidak bisa didapatkan kalau tidak bisa berbahasa Inggris. Dari seleksi formulir saja sudah menggunakan Bahasa Inggris, hingga FGD dan wawancara, dan ketika sampai di Prancisnya nanti.

Selain itu, juga banyak kesempatan beasiswa lainnya, melalui conference, exchange, MUN, lomba business case, dll. yang tidak bisa kita dapatkan kalau tidak bisa Bahasa Inggris.

So, udah belajar Bahasa Inggris sejak SMP, atau SD barangkali, sampai sekarang, masa belum bisa-bisa? Mari kita seriusin yuk, biar segera bisa. :D

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta