Bukan Uang atau Nilai

Sejauh yang saya alami, mengejar uang semata dalam menjalankan usaha, adalah hal yang stressful. Jadinya, saya tidak fokus. Pindah pindah ini itu, mana yang (kelihatannya) ada uangnya saya kejar. Tidak peduli itu membuat saya lebih bernilai dan membuat manfaat untuk orang lain atau tidak.

Ketika motivasinya hanya uang, saya akan stress saat uang itu tidak didapat. Saya mudah menyerah. Saya mudah gagal.

***

Di kampus rupanya juga seperti itu. Ketika motivasinya hanya nilai, saya jadi mudah stress. Terlalu khawatir akan dinilai bagaimana. Terlalu pusing ketika karena suatu hal tidak dapat mengisi daftar kehadiran. Ingin aktif di kelas hanya untuk mendapat nilai. Stress setiap mengerjakan tugas karena ingin hasilnya sempurna, dinilai bagus. Tidak nikmat.

***

Di khotbah Jumat hari ini, khotib menyampaikan bahwa dalam bekerja, ada 3 hal penting yang perlu kita lakukan, yang kurang lebih begini. Berdoa, supaya niat kita dijaga, diberikan petunjuk kalau salah, dan diberikan bantuan saat membutuhkan. Bekerja keras, agar hasilnya maksimal. Tawakkal, agar tidak stress. Percayakan pada-Nya bagaimana nanti hasilnya.

***

Belakangan ini, kebetulan saya juga mencoba menemukan purpose dari apa yang saya lakukan dan jalani. Saya berusaha memberikan usaha terbaik di setiap kesempatan. Dan saya mencoba ikhlas tentang akan seperti apa hasilnya. Dan ternyata, memang lebih nikmat.

***

Btw, ada studi bagus yang judulnya "What makes us feel good about our work?", disampaikan oleh Dan Ariely, profesor dari MIT. Worth watching.

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China