Sibuk Selama Menunggu

Ketika menunggu sesuatu yang hasilnya tidak bisa langsung didapat, misalnya menunggu nilai ujian keluar, menunggu pengumuman student exchange, menunggu pengumuman magang, dll. kadang kala kita terperangkap dalam jaring "terlalu berharap". Kita tentu berharap hasil yang terbaik dari usaha terbaik yang sudah dikerahkan. Karena itu, biasanya pikiran kita jadi fokus ke harapan itu dan bisa jadi justru timbul rasa harap-harap cemas.

Rasa harap-harap cemas ini, kalau dibiarkan begitu adanya, bisa-bisa mengganggu produktivitas. Bisa jadi kita tidak terlalu bergairah dengan pekerjaan lain hari ini karena terlalu 'bergairah' mengharapkan hasil bagus pada yang sudah kita lakukan kemarin. Kita tahu ini bukan pilihan yang bagus. Rasakan saja bagaimana rasanya hati tak tenang karena terlalu berharap.

Maka daripada berharap pada usaha yang sudah kita lakukan, lebih baik pasrahkan saja hasilnya. Percayakan pada-Nya, bahwa kalau kita memang pantas, kita akan mendapatkannya. Toh, kita sudah melakukan yang terbaik kemarin-kemarin. Yang lebih bermanfaat dilakukan sekarang adalah, tetap sibuk dengan aktivitas-aktivitas seru lainnya, terus kembangkan diri, sambut kesempatan-kesempatan lain yang datang. Jangan biarkan harapan atas sesuatu yang sudah selesai dilakukan terlalu membebani hati. Kurangi harapan, lebihkan dan nikmati pekerjaan sekarang.

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Magang Pertama (di PLUS)