10 Mitos Tentang Orang Intovert

Ada artikel menarik dari Lifehack.org berjudul "Top 10 Myths About Introverts That Simply Aren’t True". Sesuai dengan judulnya, artikel tersebut dalam Bahasa Inggris, dan berikut saya terjemahkan secara bebas.

Mitos #1: Orang introvert tidak suka bicara

Ini tidak benar. Faktanya, orang introvert tidak bicara kecuali ada sesuatu yang harus mereka katakan. Mereka tidak menyukai basa-basi. Ajak orang intovert bicara tentang hal yang mereka senangi, maka mereka tak akan berhenti hingga berhari-hari.

Mitos #2: Orang introvert adalah pemalu

Tidak ada hubungan antara perasaan malu dengan menjadi intovert. Introvert bukan berarti takut dengan orang-orang. Apa yang mereka butuhkan adalah alasan untuk berinteraksi. Mereka tidak berinteraksi hanya untuk 'berinteraksi'. Kalau Anda ingin berbicara dengan seorang introvert, bicara saja. Tidak perlu pusing untuk menjadi sopan.

Mitos #3: Orang introvert itu kasar

Orang introvert sering kali berbicara langsung pada intinya. Mereka ingin setiap orang jujur dan apa adanya, tanpa harus dihalus-haluskan. Sayangnya, hal ini tidak berlaku dalam kebanyakan keadaan sehari-hari, sehingga orang introvert merasakan banyak tekanan untuk menyesuaikan diri, yang bagi mereka sangat melelahkan.

Mitos #4: Orang introvert tidak suka orang lain

Justru kebalikannya, orang intovert sangat menghargai teman-teman yang mereka miliki. Mereka dapat menghitung teman dekatnya dengan satu tangan. Jika Anda dianggap sebagai teman oleh seorang introvert, Anda mungkin mempunyai seorang teman yang loyal seumur hidup.

Mitos #5: Orang introvert tidak suka keluar ke keramaian

Tidak benar. Orang introvert hanya tidak suka keluar ke keramaian untuk waktu yang lama. Mereka juga berusaha menghindari kerumitan terkait kegiatan publik. Mereka menyerap data dan pengalaman dengan sangat cepat, sehingga mereka tidak perlu di sana terlalu lama. Mereka ingin pulang, recharge, dan memproses apa yang sudah dialami. Recharging adalah proses yang sangat penting untuk orang introvert.

Mitos #6: Orang introvert selalu ingin sendiri

Orang introvert sangat nyaman dengan pikiran mereka sendiri. Mereka selalu berpikir. Mereka bermimpi. Mereka selalu punya game yang harus dimainkan atau masalah yang harus diselesaikan. Tetapi, mereka bisa menjadi sangat kesepian kalau mereka tidak punya seseorang untuk membagikan hasil pemikiran mereka. Mereka membuat hubungan yang tulus dan asli dengan satu orang pada satu waktu.

Mitos #7: Orang introvert itu aneh

Orang introvert seringkali merupakan orang yang individualis. Mereka tidak mengikuti kerumunan. Mereka lebih suka dihargai dengan cara hidup mereka yang baru/berbeda. Mereka berpikir untuk diri mereka sendiri, dan oleh sebab itu, mereka sering menantang norma. Mereka tidak membuat keputusan berdasarkan apa yang sedang populer atau ngetren.

Mitos #8: Orang introvert adalah orang yang tidak suka bersosialisasi dan suka menyisihkan diri

Faktanya, orang introvert adalah orang yang kebanyakan melihat ke dalam diri mereka sendiri, memberikan perhatian besar kepada pikiran dan emosinya sendiri. Bukan berarti mereka tidak bisa memberikan perhatian tentang apa yang terjadi di sekitarnya; hanya saja dunia mereka sendiri terasa lebih menarik dan memuaskan bagi mereka.

Mitos #9: Orang introvert tidak bisa rileks dan bersenang-senang.

Orang introvert biasanya rileks di rumah atau di alam, tidak di keramaian. Orang introvert tidak suka mencari sensasi, ketegangan, atau memacu adrenalin. Jika ada terlalu banyak orang berbicara dan berisik, orang introvert akan diam. Hal ini hanya karena orang introvert dan ekstrovert memiliki cara kerja otak yang berbeda.

Mitos #10: Orang introvert bisa "memperbaiki diri" mereka dan menjadi ekstrovert.

Orang introvert tidak bisa "memperbaiki diri" mereka sendiri. Mereka membutuhkan penghargaan atas tempramen alamiah mereka dan kontribusinya terhadap umat manusia. Ada sebuah riset (Silverman, 1986) mengatakan bahwa semakin tinggi IQ semakin besar persentase seseorang adalah introvert.



Semoga jadi lebih bisa memahami orang introvert ya! :D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Bagaimana Cara Menghasilkan 30 Juta per Bulan saat Masih Mahasiswa?