Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Magang di Traveloka merupakan pengalaman yang rewarding, dilihat dari pekerjaannya, lingkungan kerjanya, dan juga berbagai benefit yang didapatkan.

Saya magang saat liburan semester genap, yaitu pada Juni-September 2016 (summer intern), di posisi SEO Executive intern. Saat itu ada sekitar 20-an anak magang seangkatan saya di Departemen Marketing & Analytics. Selain SEO, di Marketing & Analytics ada bagian-bagian seperti SEM, Partnership & Promotion, Digital Marketing, Product Marketing, dan Marketing Technology.


Ngomong-ngomong, apa sih SEO? Dan kerjaan magang di SEO ngapain? Sebelum kesitu, mari kita bahas...

Pekerjaan Anak Magang di Traveloka


Sebelum punya pengalaman magang, saya sering mendengar kalau kerjaan anak magang banyak yang unik-unik: dari 'cuma' ngurusin administrasi (data entry, fotokopi), hingga ngebuat kopi (ini sepertinya terinspirasi sinetron), atau bahkan banyak gabutnya. Tentu saja gak semua orang yang pernah magang ceritanya begini. Yang magang di consulting firms seperti BCG ceritanya justru sangat menarik. Tapi kebanyakan cerita anak magang yang pernah saya dengar kurang menjanjikan (sepertinya saya salah gaul nih).

Tapi Alhamdulillah, di Traveloka saya dapat kesempatan untuk belajar banyak. Kerjaan anak magang di Traveloka tidak beda dengan kerjaan karyawan full-time, which means kita bisa belajar sama banyaknya dengan karyawan full-time, juga dapat tanggung jawab yang sama gedenya. Well, gak sama gede secara keseluruhan sih. Jadi misal karyawan full-time ngerjain A, B, C, D. Kita mungkin ngerjain A, C. Tapi dalam A dan C itu, kita tanggung jawab penuh. Jadi kita bisa belajar secara substansial di sini.

Karena langsung dikasih tanggung jawab gede, kita harus cepet belajar. Bukan yang paling penting kita udah ahli di bidang yang bakal kita kerjain apa belum, tapi kita bisa cepet belajar. Sepengamatan saya, kemampuan cepet belajar ini salah satu karakteristik yang dicari dari kandidat yang ingin melamar ke Traveloka.

Well, intinya, pekerjaan anak magang di Traveloka itu nggak remeh-remeh. Langsung dikasih tanggung jawab serius, jadi sehari-harinya sangat menarik.

Trus, gimana pengalaman di SEO?

Magang di SEO

Apa itu SEO?

SEO adalah Search Engine Optimization, salah satu channel digital marketing, yang intinya gimana membuat suatu website bisa ranking di halaman hasil pencarian Google yang organik (bukan iklan ya) untuk kata kunci tertentu.

Kalau nyari "apa itu SEO" di Google mungkin kamu bakal banyak menemukan tentang on-page dan off-page. Memang dua hal ini adalah strategi yang paling umum digunakan di SEO.

On-page intinya bagaimana mengoptimasi faktor-faktor di halaman web kita. Sedangkan off-page adalah mengoptimasi faktor-faktor yang di luar halaman web kita.

Faktor on-page salah satunya adalah konten. Sedangkan faktor off-page salah satunya adalah link. Jadi untuk mengoptimasi suatu web, kita bisa membuat konten yang bagus dan juga mendapatkan link yang bagus untuk halaman kita.

Kerjaan anak magang di SEO Traveloka cukup banyak berkaitan dengan dua hal itu. Saya mungkin gak bisa cerita lebih banyak tentang detail pekerjaannya, tapi intinya saya belajar banyak dari kerjaan-kerjaan di Traveloka, walaupun sebelumnya saya sudah belajar dan ngejalanin SEO sejak SMA.

Lingkungan Kerja di Traveloka

Yang saya maksud dengan lingkungan kerja ini antara lain: rekan kerja, budaya, dan kantor secara fisik.

Pertama, tentang rekan kerja. Di divisi SEO saya menemukan orang-orang yang membuat saya nyaman bekerja. Senior members dengan ramah dan senang hati membagikan ilmunya untuk anak-anak intern. Oh ya, kebetulan saya ada teman waktu intern dulu, jadi dua orang di SEO, Andre dari ITS Surabaya dan saya. Andre ini orangnya juga baik dan supportif, bersedia untuk saling membantu.

Mentor saya waktu itu mas Wandry. Beliau ini SEO paling senior di Traveloka. Saya belajar banyak dari mas Wandry, yang dengan sabarnya mengajari dan memberikan kepercayaan ke saya. Terima kasih mas!

Untuk rekan-rekan di luar SEO, saya tidak terlalu banyak yang kenal. Cuman dari kepo-kepo di LinkedIn, mereka-mereka yang selantai dengan saya di Wisma 77 Tower 2 Lantai 21 ini orang hebat-hebat.

Ada yang pernah kuliah di HBS (Harvard Business School yang famous itu), meskipun nggak sampai lulus (kamu mungkin tahu siapa orangnya). Lulusan kampus luar negeri lain yang bagus-bagus juga gak sedikit, seperti NUS dan NTU. Mantan konsultan juga ada, dari BCG, Accenture, dan McKinsey. Juara-juara OSN juga banyak. Intinya, mereka dengan pencapaian yang luar biasa.

Senang sekali berada di lingkungan orang-orang yang high achiever dan juga baik-baik, bisa belajar banyak dari mereka. Saya misalnya pernah sharing-sharing soal gimana rasanya kuliah MBA dengan beberapa orang lulusan INSEAD, MIT, dan juga SBM-ITB. Mereka yang bersedia meluangkan waktunya untuk ngobrol dan berbagi tips dengan anak intern ini padahal orang-orang yang super sibuk, salut!

Benefit Anak Magang di Traveloka

Selain pekerjaannya yang rewarding dan lingkungan kerja yang positif dan kompetitif, benefit magang di Traveloka juga di luar ekspektasi saya.

Pertama dari sisi gaji, nilainya sangat lumayan. Sebagai referensi berapa gaji magang di Traveloka, mungkin survey dari Qerja ini masih akurat.

Tapi selain monetary benefit, magang di Traveloka juga dapat banyak benefit lain, seperti free lunch, buah tiap pagi, coffee machine, minum gratis, dan dapat fasilitas kerja yang mumpuni (laptop dan tools yang dibutuhkan komplit tersedia, dengan kualitas yang top).

Tips Seleksi Magang di Traveloka

Tertarik magang di Traveloka? Jika boleh memberikan sedikit tips, kamu bisa mempersiapkan beberapa hal ini:
  • Siapkan resume terbaikmu dalam 1 lembar. Beberapa orang masih belum tahu kalau rekruter tidak punya waktu untuk membaca CV yang terlalu panjang dan bertele-tele. Untuk contoh CV yang bagus, kamu bisa lihat resume Rakina (mahasiswa Indonesia yang pernah intern di Google HQ) di sini.
  • Asah kemampuan analisis dan problem solving. Dulu saya 3 kali interview, 2 diantaranya banyak ditanyai pertanyaan-pertanyaan yang menguji analytical and problem solving skills. Saya merasa cukup terbantu dulu sempat membaca buku semacam McKinsey Mind, How to Get into the Top Consulting Firms, dan sejenisnya. Pertanyaan-pertanyaan analitis dan problem solving bisa ditemui banyak di internet, jadi bisa latihan dulu.
  • Satu sesi dari 3 interview adalah tentang SEO. Meskipun kamu nggak harus ahli dulu waktu melamar, tapi punya pengetahuan atau pengalaman di bidang yang akan kamu kerjakan akan sangat membantu. Saat interview saya definitely bukan seorang ahli SEO, tapi saya menunjukkan upaya, dari apa yang sudah saya pelajari dan pernah praktikkan, dan juga kemauan untuk terus belajar.
Semoga sharing pengalaman ini bermanfaat ya. Jika ada yang ingin didiskusikan, monggo melalui komentar di bawah. :D

Comments

  1. Kalau boleh tau, anda kuliah di jurusan apa kak?
    terus kalau dr jurusan fisika murni bisa magang di situ juga ga ka? Klo bisa, masuknya ke bagian apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jurusan manajemen. Fisika murni bisa aja kok, saya ada rekan kerja dari fisika murni di bagian product marketing. Kalau bisa masuk ke bagian apanya, kembali ke diri masing-masing, minatnya ke mana. Basically kalau minat dan punya kualitas yang sesuai, harusnya bisa masuk bagian mana aja.

      Delete
  2. kalo boleh tahu belajar SEO nya otodidak atau ikut kursus mas sebelum ikut magang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Otodidak. Beberapa sumber yang bisa membantu:
      - https://moz.com/beginners-guide-to-seo
      - https://searchengineland.com/guide/seo

      Delete
  3. Boleh minta email atau kontak? Mau nanya2 terkait magang di traveloka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh ke hangga [dot] nuarta (at) gmail .com ya

      Delete
  4. Wah sangat keren ceritanya, kak untuk buku-buku seperti Mckinsey mind dan beberapa judul buku yang kakak baca untuk melatih problem solving bisa didapatkan dimana ya kak? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada di Amazon. Saya dulu pinjem dari perpus kampus. hehe

      Delete
  5. Boleh tahu berapa ya gaji buat intern? Di website Qerja udah gak bisa diakses infografiknya.

    ReplyDelete
  6. kak boleh minta kontak email atau WhatsApp? saya ingin tanya-tanya kak. Terima kasih banyak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa email ke hangga [dot] nuarta (at) gmail .com ya

      Delete
  7. Halo kak, aku mau nanya kak, kalo aku mau ngajuin magang dan penelitian disana kira kira aku kontak siapa ya kak. Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau magang, bisa buka https://www.traveloka.com/en/careers & apply ke posisi yang cocok. Dulu ada juga anak magang di timku yang sekalian ngerjain tugas akhir. Jadi, coba dapetin magangnya dulu, untuk penelitiannya nanti bisa dibicarakan lagi sama manajernya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta