Waspadai Penyakit AIDS!

Ini bukan AIDS yang menyerang sistem kekebalan tubuh itu lho. AIDS disini kependekan dari (Arogan/sombong, Iri, Dengki dan Serakah). Nah nah nah, apaan tuh?

Jadi begini. Kita sebagai manusia yang tak sempurna, jika tidak selalu waspada seringkali tanpa sadar terserang penyakit AIDS ini. Mulai dari sifat yang pertama, yaitu sombong. Sombong karena kita merasa lebih tinggi daripada orang lain. Entah karena orang itu lebih bodoh, lebih kuper, beda RAS, sekolah, dll. Tentu saja sombong ini tidak baik. Karena selain dapat menjatuhkan kita sendiri, ini juga menyakiti hati orang lain. Lalu solusinya? Jangan membandingkan diri dengan orang lain. Karena jika yang kita bandingkan dengan yang lebih rendah, kita jadi sombong. Jika dengan yang lebih tinggi, kita malah jadi rendah diri.

Sifat yang kedua dan ketiga adalah Iri dan Dengki. Ini biasanya datang bersamaan. Dalam pelajaran agama dan kewarganegaraan sejak saya SD kalau tidak salah ingat juga begitu. Iri adalah ketika kita tidak suka orang lain mendapatkan lebih dari kita. Dan dengki adalah ketika kita ingin merusak kebahagiaan itu. Yang menyebabkan sifat iri dengki ini adalah kecenderungan kita untuk selalu bersaing. Kita terprogam untuk selalu menang agar kita senang. Jika orang lain yang menang, kita tidak suka. So, untuk mengatasi penyakit yang ini, marilah berhenti berkompetisi dengan orang lain.

Penyakit yang keempat adalah Serakah. Serakah timbul karena kita memiliki mental kekurangan. Mungkin benar kalau manusia pada dasarnya memiliki sifat selalu ingin lebih, tapi kalau keinginan itu tidak bisa dikendalikan ya jadinya serakah itu tadi. Selalu bersyukur mungkin adalah obat terbaik untuk penyakit ini.

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China