MOS Hari #4

Kemarin saya terlalu lelah hingga memutuskan untuk tidur lebih cepat dan menulis report ini hari ini. Kemarin adalah MOS terakhir di SMA Negeri 1 Genteng. MOS yang paling melelahkan, tapi juga yang paling berkesan. Dimulai pukul 05.30 WIB dan selesai pukul 17.00 WIB. Sungguh hari yang panjang.

Oke, seperti biasa, MOS dimulai dengan apel pagi di lapangan bawah. Pemeriksaan tata tertib dilakukan. Wuih, ternyata yang melanggar lebih banyak daripada hari ketiga. Tapi apel kemarin dipercepat karena akan ada pengajian awal tahun yang dipimpin oleh Pak Karim, Guru Agama Islam kami. Sebagian besar siswa (yang tidak melakukan pelanggaran) dipersilakan ke lapangan tengah untuk istigosah, sedangkan sebagian kecil (yang melanggar) ditertibkan dulu. Tapi tak lama kamudian, mereka sudah ada di lapangan tengah juga.

Pengajian berlangsung selama sekitar satu jam, dilanjutkan advertorial dari sponsor kegiatan kami, Telkomsel. Kira-kira 30 menit kemudian, giliran Pak Polisi dari Polres Banyuwangi membicarakan tentang lalu lintas.

Satu jam kemudian materi lalu lintas selesai, diisi dengan advertorial lagi dari sponsor kedua kami, Yamaha. Advertorial selesai, dilanjutkan dengan game dan quiz untuk refreshing. Lumayan juga, walaupun sedikit malu-malu, peserta MOS cukup responsif. Banyak hadiah tersalurkan. Tapi acara game belum selesai, sudah harus dihentikan karena sudah memasuki waktu perkenalan organisasi-organisasi, club-club, dan extrakurikuler yang ada di SMA Negeri 1 Genteng. Acara berlangsung sekitar satu jam, dilanjutkan dengan sholat Jum’at.

Setelah Jum’atan, acaranya adalah presentasi profil seluruh guru dan karyawan SMA Negeri 1 Genteng. Tujuannya agar siswa baru mengenal orang-orang yang akan melayani mereka selama belajar di SMA Negeri 1 Genteng lebih awal. Diberikan juga tips-tips berurusan dengan berbagai macam guru, diharapkan agar peserta didik baru dapat lebih baik dalam menyesuaikan diri.

Setelah itu, acara pensi. Seru juga sih, tapi menurut saya pribadi pensi tahun ini kurang gokil dibanding tahun angkatan saya, dan kurang bervariasi dibanding angkatan dibawah saya. Tapi overall sudah bagus. Saya yakin mereka sudah memberikan kemampuan terbaik mereka.

Setelah semua peserta pensi unjuk gigi, diumumkanlah siapa saja pemenangnya. Diumumkan juga siapa pemenang cup futsal di hari sebelumnya. Oh ya, ada juga pengumuman kakak-kakak ter-…. (terfavorit, teramah, dll.).

Saat masih senang-senang, sandiwara besar dimulai. Tatib yang sebelumnya tiba-tiba menghilang, kini muncul dengan marah-marah. Semua peserta dibariskan dilapangan tengah. 1 orang perempuan, dan 1 orang laki-laki dari barisan peserta dipanggil kedepan. Semua dimarah-marahi. Sampai ada pertikaian antara tatib Vs ketua OSIS, ketua panitia MOS, dan para wakaba. Sampai banyak peserta MOS yang menangis, dan tara…

Diumumkan bahwa 2 peserta yang maju tadi terpilih sebagai peserta terbaik selama MOS. Dan itu semua hanya sandiwara.

Ada sambutan dari Pak Wakasis, diiringi lagu Mars SMA dan Hymne SMA. Setelah itu acara silaturahmi, saling memaafkan atas semua kesalahan selama MOS.

Maaf-maafan sudah selesai. Peserta kembali ke kelas. Kakak-kakak OSIS masuk lagi ke kelas, mengucapkan selamat, maaf, dan terima kasih. Acara berakhir. Selesai habis perkara.

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China