Jalur Masuk Universitas Indonesia

Pada tahun 2011 lalu, yang saya tahu ada 3 jalur umum untuk mendaftar ke Universitas Indonesia (selanjutnya disebut UI). Yang paling awal dibuka adalah jalur SNMPTN Undangan (60%). Syarat untuk mengikuti SNMPTN Undangan adalah termasuk dalam peringkat berapa persen kelas, tergantung dengan predikat sekolah masing-masing. Untuk SMA yang SSN, quotanya adalah 50% siswa terbaik di kelas. Pada waktu itu saya tidak termasuk yang dapat mengikuti jalur ini. Jadi bagi kamu yang juga tidak dapat mengikutinya, jangan keburu pesimis untuk masuk UI. Masih ada jalur ke 2.

Yang kedua adalah jalur SNMPTN Tulis (20%). Biasanya waktu pelaksanaannya sekitar 1,5 bulan setelah UAN. Jadi untuk yang mau pindah jalur (misal SMA-nya IPA, mau ambil jurusan akuntansi) masih ada waktu untuk mematangkan persiapan. FYI, saya juga masuk dari jalur ini.

Dan yang ketiga adalah jalur SIMAK UI (20%). SIMAK UI sistemnya juga ujian tulis seperti SNMPTN Tulis. Banyak yang bilang kalau soalnya lebih sulit daripada soal SNMPTN. Tapi jangan takut jika nanti kamu harus mengikuti jalur ini. Jangan mundur. Karena dengan bertambahnya pengalaman dan ilmu kamu dari ujian-ujian sebelumnya, pasti kesiapan kamu untuk menjalani ujian ini juga bertambah. Pesan saya, jika kamu belum berhasil di 2 jalur sebelumnya, jangan keburu putus asa dan melewatkan jalur ini. Kalau serius mau kuliah di UI, coba dulu semuanya. Banyak lho teman saya yang pintar-pintar lolosnya dari SIMAK UI. Jadi kalau kalian harus ikut jalur ini bukan berarti kalian tidak lebih pintar dari teman-teman yang lain. Mungkin karena belum rejekinya saja di SNMPTN. Gitu. Hehehe... :D

Untuk 2012

Ada wacana bahwa pada tahun 2012 pemerintah akan menghapus semua ujian mandiri dan menggantinya dengan SNMPTN 100%. Untuk SIMAK UI kemungkinan akan tetap diadakan, tapi hanya untuk program sarjana paralel, vokasi, dan kelas internasional saja (jadi sarjana reguler hanya lewat SNMPTN). Jadi persiapkan diri kalian sebaikmungkin untuk SNMPTN ya. Ingat ya, perjuangan kalian belajar keras selama beberapa bulan saja itu akan terbayar lunas setelah kalian masuk UI. Jadi apapun yang terjadi tetap semangat ya! Kalaupun tidak semangat, tetap belajar ya!

Daftar Istilah

  • SIMAK UI: Seleksi Masuk Universitas Indonesia
  • Sarjana Reguler: gampangnya, program sarjana yang biayanya lebih murah. Banyak beasiswa.
  • Sarjana Paralel: program sarjana yang biayanya lebih mahal. Sulit mendapat beasiswa. Tapi quotanya lebih besar dan peminatnya lebih sedikit. Jadi untuk kamu yang dari keluarga mampu dan ingin peluangnya lebih besar untuk masuk UI, bisa pilih program ini nanti.
  • Vokasi: jenjang D3.
  • Kelas Internasional: program sarjana dengan pengantar bahasa Inggris. Ini premium juga sih. :D
Oh ya, dari jalur manapun kalian masuk, asal program yang kalian pilih S1 Reguler, jangan khawatirkan soal biaya. Dari ketiga jalur itu biayanya sama kok. Bisa menyesuaikan dengan kemampuan orang tua (BOP-B), bahkan gratis (BidikMisi). :)

Tambahan lagi, buat adik-adik yang berminat masuk UI dan membutuhkan bantuan dan jasa tanya-tanya, silakan gabung di grup kami 'The Next Yellow Jacket' di link: https://www.facebook.com/groups/201849606541205/. Semua boleh gabung kok (tinggal request aja) dan tenang saja ini semua gratis. Hahaha... :D

Comments

  1. Hehehe, sedangkan ane dah di IPB kaka, pecahannya UI :P

    ReplyDelete
  2. @Yusuf Fikri: IPB baguslah. Temenku juga ada yang di Kedokteran Hewan IPB. Namanya Dhenok Maria Ulva. Kenal?

    ReplyDelete
  3. Sama-sama, Mas Bro. Sukses juga buat blognya. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta