Rahasia Mencapai Tujuan Apapun Dengan Mudah

Seperti janji saya pada posting sebelumnya tentang bagaimana menjadi pelajar dan penulis yang efektif, kini kita akan belajar bagaimana caranya untuk mempermudah kita mencapai tujuan atau target apapun yang telah kita tetapkan. Bagaimana caranya?

Hanya ada satu rahasia besar, yaitu jadilah orang yang sejelas mungkin dalam menetapkan target. Yang perlu kita ketahui adalah, banyak orang yang gagal mencapai target bukan karena targetnya yang terlalu sulit, tetapi karena tidak jelasnya target atau tujuan tersebut. Bagaimana seseorang akan sampai di suatu tempat jika tempat yang dituju tidak jelas dimana letaknya?

Oleh karena itu, untuk mempermudah mencapai target kita, yang harus kita lakukan adalah menuliskannya dengan jelas sekarang juga. Mari kita tulis ulang apa saja yang kita inginkan, lalu bagaimana cara mencapainya. Kapan waktunya dan apa saja kemampuan atau syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mencapainya. Lalu kita tuliskan bagaimana keadaan kita sekarang dengan sejujur-jujurnya. Karena dengan begitu, kita akan tahu jalan yang harus kita lewati. Jika kita kurang dalam kemampuan ini, maka kita harus lewat jalan ini. Jika kita belum memenuhi syarat itu, kita harus melewati jalan itu. Begitulah caranya.

Perlukah saya memberikan contoh penerapannya dalam kehidupan kita? Okay, anggap saja dalam rangka menjadi pelajar dan penulis yang efektif, saya membutuhkan laptop dengan fitur-fitur yang saya butuhkan sebagai syaratnya.

Saya mulai mengumpulkan data guna menyusun target saya dengan jelas. Saya browsing ke internet dan menemukan apa yang saya butuhkan. Itu adalah Asus Eee PC Seashell 1005 HA-H. Kenapa saya suka laptop yang ini? First, because it has stylish design. High Glossy IMR, Ultra Slim and Lightweight (about 1-inch and 1-kg) membuat saya nyaman membawanya kemana-mana dan senang melihatnya. Percaya atau tidak, sedikit banyak, yang kita lihat juga mempengaruhi apa yang kita pikirkan lho. So, lihatlah yang bagus-bagus agar yang kita pikirkan juga bagus.



Yang kedua karena EEE PC ini punya 92% scale K/B yang membuat tangan saya nyaman dalam mengetik. Ini pasti akan menghemat banyak waktu saya yang berharga daripada saya menggunakan laptop yang keyboarnya sempit atau kurang nyaman.

Yang ketiga karena kerang laut ini punya SRS Premium Sound™ yang membuat suara yang dihasilkannya merdu dan jernih. Tepat sekali untuk mendengarkan musik-musik dan audio motivasi favorit saya. Itu membuat pikiran lebih segar dan pengertian semakin tajam.

Yang keempat, Up to 8.5 hours batt life membuat laptop cantik ini semakin cocok untuk mobile. Tak perlu repot bawa-bawa kabel charge segala. Bisa dibayangkan jika setiap ke sekolah saya harus membawa laptop yang berat beserta kabel-kabelnya, selain buku-buku paket dan tulis yang banyak itu? Bukan lebih efektif malah terhambat aktifitas saya.

Dan yang kelima, juga masih tentang efisiensi, karena Asus EEE PC mungil ini punya Eee Docking – Shortcut for easy access, dimana fitur ini akan memungkinkan kita mengakses fitur-fitur penting hanya dengan sekali klik.

Tentang apa yang saya inginkan sudah jelas, kini bagaimana cara saya mendapatkannya? Selain membeli, ternyata ada 1 cara lain untuk mendapatkan Eee PC yang sangat saya inginkan ini. Dengan apa? Dengan menjadi pemenang dalam kontes My Eee PC My Life Blog Competition yang diadakan ASUS, yang pendaftarannya terakhir pada tanggal 23 Februari ini. Tanpa banyak membuang waktu, saya mulai menulis artikel untuk mengikutinya, dan jadilah apa yang sedang Anda baca sekarang.

Soal kapan saya harus mencapainya, ini menjadi menyesuaikan dengan metode yang saya gunakan. Karena pengumuman pemengang tanggal 1 Maret 2010, maka itulah waktu untuk saya. Dan it’s no problem. Toh actually itu lebih cepat dari waktu yang harus saya tetapkan jika saya membelinya sendiri.

Well, itu caranya menetapkan tujuan agar mudah dicapai. Jelas, spesific. Agar lebih powerful, sebaiknya kita juga menambahkan kesengsaraan atau kerugian apa yang akan kita dapatkan jika kita tidak berhasil mewujudkan target kita, misalnya jika kita tidak memiliki Eee PC ini, kita akan harus memakai laptop lain yang mungkin lebih berat, tidak stylish, keyboardnya tidak nyaman, tidak efisien, tidak punya sound yang powerful dan layar yang menawan untuk multimedia, dan tidak ada kamera 1.3 MP untuk bernarsis ria. Oh… Betapa tidak enaknya…

Well, itu saja untuk hari ini. Siap untuk menentukan/menata ulang target Anda?

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta