Jalan-jalan ke Kawah Ijen

Jalan-jalan (baca: rekreasi) ke Kawah Ijen sepertinya bakalan jadi hal yang sangat menyenangkan bagi Ilham, Robi, dan saya saat itu. Dengan hanya bermodalkan petunjuk jalan dari teman-teman serta keinginan untuk melepas penat dan menikmati keindahan bumi Banyuwangi, kami bertiga berangkat dengan 2 motor, jam 03.30 pagi dari Genteng ke Banyuwangi.

Setelah melakukan perjalanan panjang dan dingin (hingga tangan kami rasanya seperti membeku), kami sampai di pintu gerbang Ijen sekitar pukul 06.00 WIB. Berfoto-foto sejenak, lalu kami memarkir motor, beli karcis, cuci muka, dan minum segelas sereal hangat di warung sekitar situ. Setelah merasa siap, kami memulai perjalanan naik sejauh 3 km itu.

Awalnya sih pemandangannya biasa saja, tapi semakin tinggi kami naik. Wow! (Maklum, baru pertama naik gunung). Bagus bener pemandangan dari sini. Kira-kira ini sudah 2/3 perjalanan.

Kami juga sempat bertemu bule.

Lalu kami melanjutkan perjalanan, hingga kami lebih terpana lagi saat sampai di puncak. Sungguh indah pemandangan Kawah Ijen saat itu. Kebetulan sedang tidak ada kabut dan mentari bersinar cerah, jadi kami bisa menikmati keindahannya dengan penuh. Tapi sayang kami belum sempat mengabadikan pemandangan itu (karena kami malah sibuk memfoto diri kami sendiri… hahaha), kabut sudah muncul. Walau begitu kami terus menikmati pemandangan puncah hingga sekitar 30 menit kedepan.

Dan saat turunlah yang paling menyiksa, terutama bagi saya. Kaki saya rasanya sudah lemas sekali, tapi harus menempuh 3 km perjalanan menuruni gunung. Mana kalau berjalan rasanya seperti ditarik jatuh. Walah-walah…

Tapi dari itu semua, saya merasa sangat senang. Benar-benar pengalaman yang tidak terlupakan. Anda pengen ke Ijen juga?

Comments

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)