Penyakit Paling Akut

Ga ada yang lebih akut rasanya dari terkena komplikasi penyakit prokrastinasi, malas, kurang bersyukur, menyesali masa lalu, dan mengeluh. Berdasarkan pengamatan (dan pengalaman) penyakit itu bisa ngebuat hidup orang yang baik-baik aja, bahkan cenderung super fun dan menarik menjadi sangat tidak menarik, garing, monoton, lemas, tak bertujuan, tak bersemangat, dan ciri-ciri sejenis itu.

Karena prokrastinasi, seseorang jadi menunda bahkan mengabaikan hal-hal sangat penting yang seharusnya mereka selesaikan duluan sebelum mengerjakan hal-hal lain yang kurang penting. Misalnya, seorang mahasiswa normal akan belajar dan mengerjakan tugas kuliah lebih dulu ketimbang facebookan. Tapi mahasiswa prokrastinasi akan melakukan yang sebaliknya. Pada awalnya mereka berikrar hanya akan facebookan 15 menit atau setengah jam. Tak terasa waktu 4 jam berlalu untuk update dan komen status, lihatin profil orang, main game, dll.

Tak cukup sampai disitu. Mungkin mereka sudah berhenti dari facebook dan beralih ke hal lain. Tapi hal ini masih bukanlah yang paling penting harus mereka lakukan. Karena merasa bersalah, mereka akan mencari aktifitas yang lebih baik, tapi bukan tugas utama mereka. Misalnya, setelah facebookan cuci piring bekas makan kemarin malam, atau nyapu kamar, atau cuci baju, dll. Mereka melakukan itu dengan tenang, padahal tugas kuliah sudah menanti untuk besok, begitupun kuis yang perlu direview dulu materinya. Dan itu berlanjut sampai jam 9 malam hingga mereka ngantuk dan pengen tidur. Akibatnya, mereka memaksa diri untuk melek (tanpa atau dengan minum kopi). Tiga sampai empat jam, mungkin tugas mereka selesai dan materi kuis sudah direview, tapi hasilnya alakadarnya. Sangat tidak sesuai standar.

Prokrastinasi aja udah parah banget, ditambah lagi males. Kalo prokrastinasi itu ditekankan pada menundanya yang terus terusan menunda, malas lebih ditekankan pada rasa lemas dan kurang bergairahnya dalam ngelakuin suatu kerjaan (wajib). Ya, anehnya orang malas bisa jadi rajin kalo berhadapan dengan game atau hal-hal menyenangkan tapi kurang penting lainnya. Game memang bagus untuk sekali waktu, tapi kalo sepanjang hari game terus, facebookan terus, gimana hidupnya?

To be continued.


Sumber gambar: http://siprokrastinator.files.wordpress.com.

Comments

  1. wah kok To be continued.
    di tunggu sambungannya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada sambungannya di http://www.hangganuarta.com/2012/01/penyakit-paling-akut-2-end.html Mas. :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Visi, Misi, dan Tujuan Hidup

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta