Tips Sukses Ujian

Dalam setiap ujian, entah ujian semester, mid semester ataupun UAN, pasti setiap orang ingin sukses. Termasuk kita, saya dan Anda. Tapi tidak setiap orang bersedia membayar harganya. Tidak setiap orang yang ingin sukses tersebut tahu caranya. OK well, sekarang mari kita bahas bagaimana agar kita sebagai pelajar bisa sukses dalam setiap ujian yang kita jalani.

Kuncinya adalah, setiap hal butuh persiapan. Dan berdasarkan pengalaman saya, hal inilah yang berperan sangat besar dalam kesuksesan ujian. Jadi, tipsnya untuk berhasil dalam ujian apapun adalah, bersiap-siaplah. Jadikan setiap hari sebagai persiapan. So, Anda perlu tahu kapan Anda menghadapi ujian, untuk kemudian menyusun rencana sukses Anda. Kalau bisa, ketahui tanggalnya dengan tepat. Tanyakan kepada Waka urusan Kurikulum di sekolah atau guru BK Anda. Ketepatan menentukan kemenangan.

Setelah itu, mari kita tarik dari masa depan ke masa sekarang. Dari saat ujian itu dilaksanakan hingga di saat Anda berada sekarang, Anda punya waktu berapa banyak? Catat itu. Lalu hitung dengan berapa banyak pelajaran yang Anda ingin sukses dengannya. Tempatkan hanya beberapa sebagai prioritas. Jangan menginginkan semua pelajaran mendapatkan 100. Pilih beberapa saja yang Anda benar-benar berminat (menyukainya) dan kemampuan Anda cukup baik disana. Saya lemah dalam matematika, oleh karena itu saya menargetkan pelajaran selain matematika, fisika dan kimia (ya seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Biologi, Agama, Sejarah dsb.) untuk mendapat nilai maksimal. Apa itu tidak terlalu banyak? Tidak. Kebetulan di kelas IPA, porsi pelajaran selain IPA cukup sedikit, jadi perhatian saya cukup untuk pelajaran-pelajaran itu.

Lalu untuk pelajaran matematikanya gimana? Apa saya mengabaikannya? Tidak… Tapi saya menargetkan untuk ‘cukup dapatkan nilai sedikit di atas standar’. Kebetulan standar di sekolah saya sudah cukup tinggi, rata-rata >70. Jadi mendapat nilai sedikit lebih tinggi dari itu pada pelajaran-pelajaran yang bukan core competence saya, saya rasa cukup masuk akal dan memuaskan.

Kembali ke persiapan kita tadi. Sekarang Anda sudah tahu berapa waktu yang Anda punyai untuk persiapan. Maka langkah selanjutnya adalah susunlah rencana strategis Anda untuk menang. Susunlah jadwal kegiatan selama masa itu. Dan mulailah bergerak sekarang. Tidak ada waktu untuk menunggu. Tidak perlu pusing menyusun rencana sampai sempurna, karena yang akan membuatnya sempurna adalah action kita setelahnya.

Jalani hari-hari persiapan Anda ini dengan sebaik-baiknya. Terima pelajaran di kelas dengan lebih baik, karena dengan begitu, Anda akan punya lebih banyak waktu untuk belajar di rumah (karena Anda tidak perlu mengulang pelajaran di kelas). Nikmati semua proses tadi, tidak usah merasa tertekan atau terburu-buru. Jaga fokus Anda, itu yang penting.

Bagaian terpenting sudah Anda ketahui. Masih ada bagian yang lain? Ya, tentu. Jangan lupakan Yang Di Atas. Iringi persiapan Anda dengan memohon. Jadikanlah Beliau satu-satunya tumpuan Anda. Mengeluhlah, dan berharaplah hanya kepadaNya. Karena di saat usaha kita sudah tidak mampu lagi, hanya Tuhanlah yang bisa membuat kita tetap berhasil.

Selain berdoa, juga jaga kondisi fisik dan mental Anda agar tetap segar. Tidak perlu terlalu memaksa diri. Tidak perlu belajar sampai jam 2 malam, tidur 3 jam, lalu ujian. Olahraga yang cukup. Hiburan yang cukup. Usahakan semuanya tetap seimbang, sesuai porsinya.

Sekarang Anda sudah sangat kuat. Dengan usaha-usaha dan doa Anda, Anda didukung Tuhan. Apalagi yang bisa mengalahkan Anda?

Oleh karena itu, yakinlah. Hargai usaha Anda selama berbulan-bulan itu dengan tidak mencontek, ngerepek (contek buku), atau SMS teman. Itu bukan cara-cara remaja keren mendapatkan prestasi, kawan! Kita sudah bersiap, dan kita juga sudah berdoa dengan tulus. Oleh karena itu, yakinlah. Kita punya kekuatan besar untuk mengerjakan semuanya sendiri!

Comments

  1. Terima kasih kunjungannya. Mantap juga tipsnya. Bisa ... bisa. :)
    Kepingin bisa hosting sendiri. Pakai apa, Mas Bro?

    ReplyDelete
  2. @Mister-Guru: Ini tetep pakai hosting Blogger Mister. Cuma domainnya saja pakai domain sendiri. Kalau mau saya bisa bantu Anda pakai domain seperti ini. Gratis*. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Ringkasan Materi Fisika SMA Kelas 1-3 Lengkap

Pengalaman Magang di Traveloka (Summer Intern)

Pengalaman Traveling ke Guangzhou, China

Transportasi dari UI ke Soekarno-Hatta

Pom Bensin dan Jiwa Melayani